TESLA COIL


TESLA COIL
Apa Itu Tesla Coil ?
Tesla Coil adalah sebuah sistem penghantar energi listrik dimana listrik bisa dihantarkan tanpa perantara kabel.
Tesla Coil dalam bahasa inggris disebut juga sebagai air-cored resonant transformer yang artinya transformator dengan sistem resonansi yang menggunakan udara sebagai intinya.
Perbedaan Tesla Coil dengan transformator biasa adalah intinya yang tidak menggunakan besi dan beda potensial lebih dipengaruhi oleh sistem resonansi dibandingkan dengan perbedaan jumlah liltan primer dan sekunder.
Siapa sih yang nyiptain Tesla Coil ?
Cara kerja Tesla Coil
Arus dari sumber listrik(baterai 9V) bergerak, karena muatannya belum cukup untuk melompati spark gap, maka arus mengisi kapasitor.
Ketika kapasitor terisi penuh, arus bergerak meloncati spark gap dan bergerak ke lilitan primer.
Lilitan primer yang dialiri listrik bertingkah sebagai induktor dan, karena terhubung dengan kapasitor dalam satu rangkaian, membentuk rangkaian L-C seri.
Muatan yang melewati lilitan primer bergerak ke ke kapasitor lagi dan terus bergerak bolak balik dengan frekuensi tertentu yang disebut frekuensi resonansi
Tesla Coil
Diagram Mini Tesla Coil
Apa saja kegunaan Tesla Coil ?
Radio, telefon dan televisi adalah pengembangan dari Tesla Coil. Jadi Tesla Coil bisa disebut sebagai permulaan dari perkembangan teknologi informasi.
Sekarang, Tesla Coil lebih sering digunakan sebagai media edukasi dan entertainment.
Pengembangan Tesla Coil terus dilakukan sampai sekarang, di masa depan mungkin semua kebutuhan listrik akan disuplai oleh Tesla Coil.
Tesla Coil diciptakan oleh Nikola Tesla pada tahun 1891.
Proyek ini dimulai atas inisiatifnya untuk membuat sistem transmisi energi listrik tanpa kabel karena pada saat itu kota-kota dipenuhi oleh kabel listrik.
Meskipun idenya sangat menarik namun banyak perusahaan listrik yang merasa tertekan oleh ciptaan Tesla sehingga mereka meyakinkan sponsor proyeknya untuk menghentikan bantuan dana untuk eksperimen sehingga Tesla tidak bisa menyelesaikan proyeknya.
Karena lilitan primer membentuk medan magnet setiap kali mendapat muatan, maka sebagian dari energi itu ditangkap oleh lilitan kedua dan diubah menjadi listrik lagi.
Top Load bertingkah sebagai kapasitor dengan ujung toroida dan bumi.
Rangkaian ini juga beresonansi dengan frekuensi tertentu juga.
Ketika frekuensi resonansi pertama dan resonansi kedua memiliki frekuensi yang sama maka akan terjadi resonant inductive coupling yang berarti setiap kali muatan diterima lilitan kedua, energi yang diterima semakin besar dan ketika top load tidak bisa menyimpan muatan lagi maka akan terjadi kilatan listrik.
Apa saja prinsip dasar dari Tesla Coil ?
Resonansi
Induktansi
Kapasitansi
Kesimpulan
Tesla Coil bisa menghantarkan listrik tanpa kabel
Tesla Coil bekerja berdasarkan prinsip elektromagnet

sumur : brainly.co.id

Comments

Popular Posts